5 Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Anda Harus Tahu

Deretan-Rekomendasi-8-Skincare-Yang-Cocok-Untuk-Kulit-Berminyak-dan-Berjerawat
Deretan Rekomendasi 8 Skincare Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
February 5, 2020
Bingung? Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Benjolan di Ketiak
February 7, 2020

5 Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Anda Harus Tahu

5 Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Anda Harus Tahu

ISK atau kepanjangannya infeksi saluran kencing merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri. Ginjal, kandung kemih, serta tabung kencing adalah organ-organ yang biasanya terserang oleh bakteri yang menyebabkan saluran kemih menjadi tidak berfungsi normal. Salah satu penyebab infeksi saluran kemih yaitu karena terkena bakteri E. Coli yang bisa menyerang cowok atau pun cewek.

Infeksi ini ternyata nggak memandang usia loh, Anda yang masih muda atau yang sudah tua, Anda bisa terserang infeksinya pada bagian saluran kemih. Meski begitu, cewek lebih gampang terserang dibanding cowok karena uretra-nya lebih pendek. Tapi, penyebab infeksi saluran kemih pada pria mau pun wanita tetap sama dan utamanya berasal dari bakteri E. Coli.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

1. Bakteri escherichia coli

e coli

Seperti yang tadi sudah dikatakan, penyebab infeksi saluran kemih pada wanita atau pun pria yang paling utama berasal dari bakteri E. Coli atau Escherichia Coli. Bakteri itu akan gampang menempel kalau Anda nggak membersihkan saluran kencing Anda dengan nggak bersih.

Makannya, buat mencegah bakteri ini nggak masuk, lebih baik Anda menjaga daerah pribadi Anda. Kalau Anda wanita, usahakan jangan terlalu sering memakai panty liner dan bersihkan vagina dari arah depan ke belakang.

2. Nggak membersihkan kelamin dengan benar

Penyebab infeksi saluran kemih yang umum lainnya yaitu nggak membersihkan kelamin dengan benar. Tadi sudah dikatakan kalau bakteri E. Coli yang menjadi penyebab ISK bisa gampang masuk melalui organ pribadi. Nah, kalau kelamin nggak dibersihkan dengan benar, tentu saja menjadi jalan masuk bakteri yang lebih gampang buat masuk ke saluran kencing dan menyebarkan infeksinya.

Masih banyak yang nggak sadar kalau penyebaran bakteri akan lebih cepat terjadi saat Anda membersihkan kelamin atau setelah Anda BAB. Bakteri yang menempel akan gampang berkembang biak dan menjadi penyebab infeksi saluran kemih pada pria atau pun wanita.

3. Nggak buang air kecil sesudah hubungan seks

berhubungan intim

Masih ada lagi penyebab infeksi saluran kemih pada wanita dan juga pria yang sangat umum yaitu nggak buang air kecil setelah hubungan seks. Kalau ada salah satu pasangan yang sedang terserang bakteri E. Coli, bakteri itu akan gampang tersebar melalui aktivitas seks ke pasangannya.

Bakteri itu akan berpindah melalui saluran uretra dan mengakibatkan penyebaran infeksi yang cepat. Berhati-hatilah, buat Anda yang wanita, usahakan buang air kecil setelah seks karena akan membersihkan bakteri atau kotoran yang masuk ke dalam vagina. Tapi, nggak hanya menjadi penyebab infeksi saluran kemih pada wanita saja ya, Anda yang pria juga harus langsung membersihkannya.

4. Kurang air putih

minum-air-putih

Kekurangan air putih akan menyebabkan ginjal menjadi kurang terdehidrasi dan kehilangan cairan. Padahal, agar organ tersebut bisa bekerja dengan optimal, dibutuhkan cukup asupan air putih setiap harinya. Karena kurang air putih, urine akan menjadi berwarna lebih pekat dan Anda juga jadi jarang buang air kecil.

Ketika tubuh kekurangan cairan, bakteri akan menjadi lebih gampang menyerang dan tentu saja menjadi penyebab infeksi saluran kemih pada pria mau pun wanita. Makannya, Anda harus penuhi kebutuhan air putih agar bakteri nggak gampang menyerang tubuh Anda.

5. Penggunaan kateter

Saat menjalani terapi medis, nggak jarang pasien akan memakai kateter buat memudahkannya buang air kecil. Nah, bakteri E. Coli yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih itu ternyata akan lebih gampang masuk ke saluran kencing dari kateter tersebut.

Agar nggak gampang masuk, usahakan selalu membersihkan kateter dengan benar. Nggak ada salahnya selalu menggantinya agar bakteri nggak banyak yang berkumpul. Ingat, penyebab infeksi saluran kemih pada wanita ini juga bisa terjadi pada pria ya.

Sudah paham kan apa-apa saja yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih? Buat Anda yang sudah terlanjur mengalaminya, jangan lupa beristirahat menggunakan tempat tidur paling nyaman Therapedic. Dengan memakai kasur yang nyaman dan menyehatkan, tentu Anda bisa cepat sembuh dari ISK.