5 Tips Sederhana Cara Tidur Sehat

Ini Dia 5 Posisi Tidur Sehat Menurut Medis
Ini Dia 5 Posisi Tidur Sehat Menurut Medis
October 26, 2019
Ternyata Ini Posisi Tidur Menurut Islam yang Dianjurkan
Ternyata Ini Posisi Tidur Menurut Islam yang Dianjurkan
October 28, 2019

5 Tips Sederhana Cara Tidur Sehat

5 Tips Sederhana Cara Tidur Sehat

5 Tips Sederhana Cara Tidur Sehat

Sebagian orang tidak mengetahui jika ternyata ada beberapa cara supaya kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan juga sehat. Simak tips cara tidur sehat berikut ini agar nanti malam anda tak hanya tidur nyenyak, namun juga berkualitas.

Ini dia cara tidur sehat yang harus kamu tahu

Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Cara tidur sehat menurut medis yang pertama adalah dengan menghindari minuman berkafein seperti kopi, soda, minuman energi, dan juga minuman beralkohol. Karena tubuh memerlukan waktu cukup lama untuk memprosesnya. Selain itu, kafein juga dapat mengurangi kualitas tidur anda. Sebaiknya jangan mengonsumsi kafein dan alkohol delapan jam sebelum waktu tidur anda.

Hindari Makan Malam Mendekati Waktu Tidur Anda

Apakah anda pernah merasakan saat sudah memasuki waktu tidur, namun anda malah merasa lapar dan muncul keinginan untuk makan malam. Sebaiknya kebiasaan itu anda hilangkan karena pencernaan anda juga butuh waktu untuk mencerna makanan anda, untuk itu jangan makan malam dengan jumlah berlebihan apalagi memilih untuk langsung tidur setelah makan.

Selain itu, asam lambung anda juga akan meningkat dan malah memicu penyakit maag. Anda malah jadi susah tidur karena perut terasa sakit dan tenggorokan panas. Disarankan untuk makan malam maksimal dua jam sebelum waktu anda tidur.

Jauhkan Perangkat Elektronik

Cara tidur sehat menurut medis selanjutnya adalah dengan mematikan dan menjauhkan perangkat elektronik dari anda. Karena perangkat elektronik contohnya saja smartphone anda, memiliki gelombang elektromagnetik atau radiasi. Dampaknya akan membuat kulit anda menjadi keriput. Untuk itu, letakkan perangkat elektronik dengan jarak yang cukup jauh dari posisi anda tidur.

Selain itu, anda memiliki risiko terkena kerusakan mata karena paparan cahaya biru dari smartphone anda yang dapat menyebabkan retina anda rusak dan juga kemampuan penglihatan anda akan menurun.

Biasakan Bangun Tidur di Waktu yang Sama Setiap Hari

Membiasakan bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari meskipun di hari libur anda, merupakan cara tidur sehat menurut medis karena dapat membiasakan tubuh anda mengatur jam biologisnya. Bahkan para ahli menganjurkan untuk membuat alarm dengan jam yang sama setiap pagi dan membiasakan untuk tidak memencet tombol snooze berulang kali.

Pastikan Anda Menggunakan Kasur yang Tepat

Cara tidur sehat dengan springbed yang baik untuk kesehatan juga ternyata tak kalah penting. Karena spring bed yang baik juga mempengaruhi kualitas tidur anda. Pilihlah merk spring bed ternama yang sudah terbukti kualitasnya, dan spring bed dari Therapedic dapat anda jadikan pilihan utama.

Karena Therapedic menggunakan kasur yang didesain dengan beberapa fitur utama, salah satunya adalah Hourglass Back Support, yang dapat meningkatkan daya topang dan kasur yang memiliki tingkat kekerasan sebesar 18% pada bahu dan pinggul, dan 13% pada area punggung.

Anda tak perlu khawatir susah tidur jika memperhatikan Cara tidur sehat dengan springbed yang baik untuk kesehatan. Salah satu spring bed dari Therapedic yang bisa anda jadikan pilihan adalah Therapedic Therawrap, karena dilengkapi dengan pocket spring yang dapat membuat tulang dan tubuh anda nyaman dan tidur menjadi lebih berkualitas.

Lalu Berapa Jam Waktu Ideal untuk Tidur?

Sebenarnya kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia. Jika usia anda semakin bertambah, maka kebutuhan tidur anda pun akan semakin berkurang. Rata-rata orang dewasa tidur sekitar 7-9 jam per hari, remaja rata-rata tidur 8-10 jam per hari, sedangkan balita usia 3-5 tahun rata-rata membutuhkan tidur 10-13 jam per hari.

Itulah tadi beberapa tips cara tidur sehat yang bisa anda coba terapkan dan biasakan. Semoga bermanfaat!