Apa Itu Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Penyakitnya

Apa-Itu-Asam-Lambung-Ini-7-Faktanya
Apa Itu Asam Lambung? Ini 7 Faktanya
February 18, 2020
tips diet
Ini Dia 5 Tips Diet Cepat Sehat
February 20, 2020

Apa Itu Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Penyakitnya

Apa Itu Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Penyakitnya

Apa itu kelenjar getah bening? Sistem imun tubuh yang jumlahnya sekitar 600 buah. Dalam kondisi normal, kelenjar getah bening berfungsi menyaring cairan limfa sebelum diedarkan. Selain itu, sel darah putih yang tersimpan di dalamnya berguna untuk melawan bakteri dan virus. Namun, dalam kondisi tertentu kelenjar getah bening dapat membengkak. Apa yang menjadi penyebabnya?

Penyebab dan Gejala dari Penyakit Kelenjar Getah Bening

Pertanyaan kini semakin melebar menjadi “apa itu kelenjar getah bening dan gejalanya?” dan “apa itu kelenjar getah bening dan penyebabnya?”. Pengertian mengenai kelenjar getah bening sebagai jaringan tubuh sudah dijelaskan sebelum ini. Namun, pertanyaan “apa itu kelenjar getah bening?” sebagai nama penyakit adalah pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu.

Sebenarnya, pembengkakan pada kelenjar getah bening tergolong normal dan akan sembuh dengan sendirinya setelah satu minggu. Namun, pada kasus yang lebih parah, pembengkakan akan berlangsung lebih lama dan dapat menjadi indikasi adanya penyakit yang diderita yaitu kanker kelenjar limfoma non-hodgkin dan kanker kelenjar limfoma hodgkin. Berikut beberapa gejala yang sering muncul:
1. Pembengkakan akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian kelenjar apalagi jika ditekan;
2. Timbul benjolan yang besarnya seukuran biji kacang;
3. Kelenjar yang bengkak akan membuat bagian tubuh terasa kaku dan sakit saat digerakkan;
4. Menimbulkan demam, batuk hingga sesak nafas;
5. Memicu anemia dan penurunan berat badan secara drastis.

Belum cukup apabila hanya mengetahui mengenai apa itu kelenjar getah bening dan gejalanya melainkan perlu mengerti juga tentang apa itu kelenjar getah bening dan penyebabnya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kemungkinan kalau pembengkakan kelenjar getah bening menjadi indikasi awal dari penyakit kanker. Apa saja faktor yang menjadi penyebabnya? Berikut daftarnya:
a. Infeksi pada kelenjar getah bening yang disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus, Streptococcus, dan Mycobacterium. Bakteri Staphylococcus dapat membawa racun ke dalam tubuh, kemudian bakteri Mycobacterium menjadi pemicu dari penyakit tuberkulosis, sedangkan bakteri Streptococcus menimbulkan radang pada bagian tenggorokan;
b. Infeksi yang disebabkan oleh virus seperti Herpes Simplex yang menimbulkan herpes, HIV virus yang menimbulkan penyakit AIDS, virus influensa, dan Varicella Zoster yang memicu cacar air;
c. Infeksi pada bagian gigi, telinga, dan kulit oleh bakteri atau virus;
d. Terserang penyakit mononukleosis yang dapat menular melalui air liur dan menyebabkan demam, ruam merah, mudah lelah, dan pembengkakan kelenjar;

Apabila mengalami gejala yang disebutkan, dan tidak kunjung membaik selama beberapa hari, maka tidak usah ragu untuk segera ke dokter. Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka akan mendapatkan diagnosis yang pasti sekaligus penanganan lebih lanjut sehingga tidak memperparah penyakit.

Sudah paham mengenai apa itu kelenjar getah bening dan gejalanya, bukan? Sekaligus juga menjawab pertanyaan tentang “apa itu kelenjar getah bening dan penyebabnya?”. Terdapat beberapa tindakan agar terhindar dari penyakit getah bening, antara lain:
– Konsisten menjalankan gaya hidup sehat;
– Memenuhi asupan makanan yang kaya akan nutrisi sehingga memberikan efek positif bagi tubuh;
– Jangan sampai tubuh kekurangan cairan;
– Tinggalkan kebiasaan merokok.

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Oleh sebab itu, jangan lupa beristirahat menggunakan merk spring bed ternama Therapedic yang sudah dirancang untuk menunjang kesehatan tubuh selama tidur. Sehingga tubuh akan kembali optimal dan segar saat bangun. Dengan memiliki pengetahuan seputar apa itu kelenjar getah bening akan memunculkan kesadaran untuk peduli pada kesehatan diri.