Pengaruh Cara Tidur yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Mental

6 Jenis Kain Sprei yang Ada di Pasaran Indonesia
6 Jenis Kain Sprei yang Ada di Pasaran Indonesia
November 23, 2019
5 Furniture Keren dan Baik untuk Kesehatan
5 Furniture Keren dan Baik untuk Kesehatan
November 24, 2019

Pengaruh Cara Tidur yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Mental

Pengaruh Cara Tidur yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Mental

Pengaruh Cara Tidur yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Mental

Cara tidur yang baik dan benar tidak boleh diremehkan karena berpengaruh baik pada kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Apabila siklus tidur Anda kacau atau bahkan sering begadang maka akan berdampak buruk pada kinerja otak. Otak akan dibebani kerja yang berat ketika kurang tidur sehingga membuat konsentrasi menurun, dan membuat Anda kesulitan mengendalikan emosi.

Dampak Buruk dari Kurang Tidur Bagi Kesehatan Mental

1. Kecemasan yang berlebih

Apabila Anda tidak mengikuti cara tidur yang baik dan benar bagi kesehatan jiwa dan raga maka akan berdampak pada kesehatan mental, salah satunya adalah anxiety disorder. Gangguan ini berbeda dengan kecemasan pada umumnya karena intensitasnya lebih sering walaupun dalam keadaan yang normal tanpa tekanan. Kecemasan tersebut juga sangat sulit dikendalikan.

Penderita anxiety disorder ini merasa kesulitan menenangkan diri dan menceritakan kecemasannya kepada orang lain. Bahkan akan merasa gelisah ketika berinteraksi dengan orang lain. Kondisi semacam ini dapat berlangsung dalam waktu lama dan dapat pula disertai gejala fisik seperti sakit kepala, sesak napas, nyeri dada, dan degupan kencang yang tidak teratur.

2. Memicu bipolar

Cara tidur yang baik dan benar menurut kesehatan dapat menjaga kesehatan fisik maupun mental. Apabila kekurangan waktu tidur hingga sering begadang, kinerja otak Anda akan dipaksa bekerja terlalu berat. Bagian otak yang dinamakan amygdala akan bertambah aktif sehingga berdampak negatif pada kemampuan otak dalam mengendalikan emosi. Emosi yang tidak stabil dapat memicu bipolar.

Gangguan bipolar itu sendiri termasuk gangguan mental yang membuat emosi penderita tidak stabil sehingga dapat berubah secara drastis. Penderita akan merasa bahagia pada satu waktu yang kemudian berganti ke rasa sedih mendalam. Selain gangguan pada otak, penyebab lain seperti lingkungan, sosial dan genetik juga dapat memicu bipolar.

3. Memicu stres yang berlebihan

Penerapan cara tidur yang baik dan benar bagi kesehatan jiwa dan raga membuat siklus tidur Anda teratur. Dengan begitu, tubuh Anda selalu bugar dan kinerja organ tubuh tidak terganggu. Berbeda halnya apabila Anda meremehkan cara tidur yang baik dan benar menurut kesehatan karena bisa mengganggu kinerja organ tubuh, salah satunya otak.

Kekurangan tidur akan menyebabkan otak susah mengendalikan emosi sehingga jika terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan gangguan mental. Stres yang kronis dapat menyebabkan munculnya emosi cemas, mudah marah, tidak bahagia, kesepian, dan merasa terbebani banyak hal. Sehingga penderita sulit berinteraksi dengan orang lain dan pikirannya selalu negatif.

Tips Cara Tidur yang Baik dan Benar

1. Mematikan lampu

Cara tidur yang baik dan benar dapat dimulai dengan mematikan lampu kamar. Lampu yang masih menyala akan memberikan sinyal bagi tubuh untuk tidak melepas hormon melatonin yang membuat Anda tertidur nyenyak. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap atau bersinarkan cahaya lembut akan memunculkan sensasi menenangkan sehingga segala ketegangan dan kelelahan akan hilang.

2. Memilih posisi tidur yang sesuai

Anda bisa memilih posisi tidur antara lain terlentang, menyamping ke kiri atau kanan, tengkurap, dan meringkuk. Tiap-tiap posisi memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh sehingga sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda. Dengan menerapkan cara tidur yang baik dan benar, maka siklus tidur akan teratur dan kesehatan pun dapat terjaga.

Hal lain yang berpengaruh agar mendapatkan tidur yang baik bagi kesehatan adalah dengan memilih tempat tidur yang tepat. Anda bisa menggunakan kasur hotel terbaik  milik Therapedic yang sudah berpengalaman sejak 1957. Tipe kasurnya didesain sesuai bentuk tubuh manusia sehingga mampu menjaga kesehatan leher, bahu, punggung dan pinggul.