Daftar 5 Makanan untuk Hipertensi yang Direkomendasikan Dokter

wajah berjerawat
Wajah Banyak Jerawat? Ini Dia Daftar 5 Skincare untuk Kulit Berjerawat
February 14, 2020
highheel
Nyeri Tulang Belakang? Ini Dia 5 Penyebabnya
February 16, 2020

Daftar 5 Makanan untuk Hipertensi yang Direkomendasikan Dokter

Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih familier disebut sebagai tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang banyak diwaspadai oleh masyarakat. Pasalnya, hipertensi juga dapat merembet ke penyakit lain seperti jantung dan stroke. Penyakit ini sebenarnya dapat dikontrol dengan konsumsi makanan yang tepat, contohnya seperti membatasi asupan garam sehari-hari. Selain itu, ada pula makanan untuk hipertensi yang dapat dikonsumsi sehingga akan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Makanan-Makanan yang Baik untuk Penderita Hipertensi

1. Pisang

Pisang

Pisang adalah salah satu makanan untuk hipertensi yang dapat sesuai dengan anjuran dokter. Buah yang lezat dan mudah ditemukan ini kaya sekali akan potasium, yang mana sangat efektif dalam membantu mengatur tekanan darah. Hal tersebut karena potasium dapat mengurangi efek dari natrium yang menyebabkan hipertensi.

Dalam satu buah pisang, ada sekitar 420 miligram potasium di dalamnya. Namun, ini juga dipengaruhi oleh besar pisang dan jenisnya. Meskipun begitu, Anda tetap dapat mengonsumsi pisang sebagai pencegahan melonjaknya tekanan darah. Anda juga dapat mengonsumsi potasium sekitar 4.700 miligram setiap hari. Selain itu, pisang juga baik untuk yang sedang diet dan menurunkan berat badan.

2. Ikan

ikan

Jika kamu terkena hipertensi, sangat tidak direkomendasikan makan daging merah. Namun, makanan untuk hipertensi dapat menggunakan ini, ikan. Di mana ikan tetap memiliki protein yang tinggi tapi dengan lemak jenuh yang lebih sedikit.

Apalagi ikan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, sehingga akan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung, stroke, dan juga tekanan darah tinggi. Inilah mengapa penderita hipertensi sangat dianjurkan makan ikan. Terutama ikan tongkol, yang berfungsi efektif mencegah Anda terserang tekanan darah tinggi.

3. Low Fat Yogurt

Low Fat Yogurt

Makanan untuk hipertensi yang dapat sesuai dengan anjuran dokter lainnya adalah yogurt atau susu rendah lemak. Produk susu memang mengandung lemak hewani, tetapi susu yang rendah lemak sangat kaya dengan kalsium dan zat-zat lain yang berpengaruh untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain susu rendah lemak, Anda juga bisa mengonsumsi produk susu seperti yogurt. Namun, pastikan bahwa yogurt tersebut juga rendah lemak. Yogurt juga sangat baik untuk menjaga pencernaan karena kandungan bakteri baik di dalamnya.

4. Beri-berian

Beri-berian

Makanan untuk hipertensi dapat menggunakan ini, yaitu buah-buahan yang masuk golongan beri-berian. Keluarga beri-berian ada macam-macam, mulai dari raspberry, blackberry, bluberry, dan masih banyak lagi. Beri-berian ini sangat kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk melindungi tubuh dari risiko terkena hipertensi.

Klasifikasi beri-berian memang sedikit unik, karena pada beberapa penelitian, pisang juga merupakan beri-berian tetapi tidak dengan strawberry. Beri-berian yang mudah ditemukan di sekitarmu adalah tomat, cabe, terong, dan juga kiwi.

5. Buah Delima

Buah Delima

Ada lagi makanan untuk hipertensi yang dapat sesuai dengan anjuran dokter, yaitu buah delima. Ada sejumlah penelitian baru yang menemukan bahwa sari buah delima ternyata baik untuk penderita hipertensi. Mengonsumsi jua buah delima secara rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara efekktif. Selain itu, buah delima juga sangat baik untuk penderita penyakit jantung karena tinggi antioksidan.

Selain konsumsi makanan di atas, makanan untuk hipertensi dapat menggunakan ini, yaitu oat atau gandum utuh, bawang putih, buah bit, rempah-rempah, dan minyak zaitun. Makanan-makanan tersebut sangat tinggi nutrisi tapi baik untuk mengatasi hipertensi.

Supaya hipertensi Anda tidak sering kambuh, Anda juga harus menjaga pola tidur. Setidaknya cukupkan waktu tidur 8 jam sehari. Jangan lupa, menggunakan merek springbed yang bagus seperti kasur yang baik untuk kesehatan dan kondisi tubuh agar terhindar dari hipertensi seperti produk Therapedic yang sudah terbukti kualitasnya.