Diet Alami dan Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

obesitas
Maag Kambuh? Ini 7 Penyebab Sakit Lambung
February 25, 2020
Ketentuan Operasi Katarak BPJS dan Faktor Penentu Harga Operasi
February 27, 2020

Diet Alami dan Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

5 Cara Cepat Atasi Asam Urat Tinggi

5 Cara Cepat Atasi Asam Urat Tinggi

Permasalahan berat badan sebenarnya bukan menjadi hal yang terlalu harus diperhatikan. Selama tubuh kamu sehat, berat badan bukanlah perkara pelik. Akan tetapi, hal ini menjadi kasus yang serius apabila berat badan berlebih sudah menjadi pemicu penyakit kronis lain, seperti jantung, diabetes, dan sebagainya. Untuk mencegah hal itu terjadi, memang ada baiknya melakukan diet alami dan sehat mulai dari sekarang.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika ingin menjalani diet yang alami dan sehat ini? Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu terapkan.

Program Diet Alami dan Sehat yang Mudah dan Efektif

1. Olahraga teratur

Sering sekali orang yang ingin berdiet tetapi malas berolahraga. Padahal, saat kamu diet tapi tidak olahraga, tubuh jadi terlihat kendur dan tidak sehat. Biasanya karena lemak tubuh berkurang tetapi kulit tidak ikut mengencang.

Selain itu, olahraga juga sangat efektif dalam membakar lemak dan kalori, sehingga dietmu akan semakin maksimal. Olahraga pun tidak perlu terlalu lama dan berat jika memang tidak kuat. Kamu bisa olahraga 30 menit saja setiap hari. Kamu bisa melakukan push up, sit up, senam, jogging, atau olahraga apa pun. Lebih baik lagi jika kamu mau mengubah kebiasaanmu, seperti lebih banyak berjalan, tidak menggunakan lift saat di kantor, dan sejenisnya.

2. Minum air mineral yang cukup

Tidak atau sedang menjalani diet, minum air mineral memang sangat membantu untuk kesehatan tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat menghidrasi kulit, dan berperan penting dengan daya kerja otak kita. Kamu juga dapat meminum segelas air mineral 15 menit sebelum makan, karena akan membuatmu lebih mudah kenyang sekaligus melancarkan pencernaan.

3. Mulai konsumsi makanan berserat

Kekurangan serat akan membuat pencernaanmu tidak begitu lancar, yang biasanya ditandai dengan kesulitan buang air besar atau sembelit. Inilah mengapa, penting sekali mengonsumsi makanan berserat sebagai menu sehari-hari. Fungsi lain dari makanan yang memiliki banyak serat adalah sebagai makanan yang membantu detok tubuh, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, dan tentu saja untuk menurunkan berat badan.

4. Kurangi porsi makan, tapi perbanyak frekuensinya

Ketika sedang melakukan diet, ada baiknya kamu tetap makan seperti biasa tetapi dengan porsi yang lebih sedikit. Jangan mengurangi frekuensinya, tapi kurangi porsinya. Kamu bisa tetap makan tiga kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit daripada biasanya. Sebab, apabila kamu mengurangi jatah makan hanya sekali sehari, kamu akan makan banyak saat itu juga dan kamu juga berpotensi ngemil lebih banyak tanpa sadar. Padahal, ketika diet, ngemil adalah hal yang harus dihindari, kecuali jika kamu mengganti camilanmu ke buah-buahan atau makanan sehat.

5. Stop makanan bergula

Untuk memaksimalkan diet, memang lebih baik mulai berhenti makan makanan bergula. Konsumsi makanan manis sangat berperan besar kepada tubuh yang gemuk dan tidak sehat. Kecanduan makanan manis, apalagi makanan siap saji yang bisa dibeli di pasaran, dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, gigi berlubang, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

6. Istirahat cukup dan berkualitas

Untuk melakukan diet yang sehat, selain memperhatikan makanan dan olahraga, penting juga memperhatikan kecukupan istirahat sehari-hari. Tidur sekitar 6 sampai 8 jam akan membuat tubuhmu segar ketika bangun. Tubuh yang fit akan membuatmu lebih bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Untuk menunjang tidur yang berkualitas dan nyaman, kasur yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah menggunakan kasur Therapedic, yang sudah diakui sebagai kasur termewah sehat dan berkualitas tinggi.