Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Capek Kerja

7 Trik Ampuh Menghilangkan Stres
December 9, 2019
5 Cara Cepat Merawat Kecantikan Secara Alami
5 Cara Cepat Merawat Kecantikan Secara Alami
December 11, 2019

Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Capek Kerja

Bekerja dengan maksimal tanpa memperdulikan kondisi diri sendiri merupakan sebuah kesalahan. Bagaimanapun juga sebanyak apapun pekerjaan yang ditanggung, tidak boleh mengorbankan kesehatan dan waktu kebersamaan dengan orang-orang tersayang. Anda harus mulai menyadari saat tubuh sudah memberikan sinyal buruk sebagai akibat karena terlalu capek kerja sehingga bisa memutuskan kapan harus melakukan relaksasi diri.

5 Akibat Terlalu Capek Kerja

1. Daya tahan tubuh menurun

Salah satu efek buruk yang kadang tidak disadari akibat capek kerja adalah daya tahan tubuh yang semakin menurun. Oleh sebab itu, tubuh akan sangat rentan terhadap serangan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit. Tidak mengherankan apabila orang yang kelelahan bekerja sering mengalami flu, batuk, sakit kepala, dan keluhan kesehatan lainnya.

2. Stres

Menumpuknya pekerjaan dan tekanan yang didapat di tempat kerja akan mudah memicu stres dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Apabila Anda mengabaikannya, maka akan berdampak buruk pada kesehatan seperti gangguan pencernaan, gusi bengkak, dan masalah pada kulit. Gangguan pencernaan disebabkan karena stres yang Anda derita memicu produksi asam lambung dalam jumlah banyak.

Sedangkan gusi yang bengkak disebabkan oleh perilaku yang dipicu oleh stres yaitu menggigit gusi, menekan gigi, dan bahkan menggigit bibir. Apabila terlalu sering melakukan hal tersebut, maka gusi akan sakit dan lama-lama bisa membengkak. Stres juga dapat memicu produksi hormon kortisol yang membuat kulit berminyak sehingga mudah berjerawat dan gatal-gatal.

3. Sering migrain

Terlalu capek kerja juga dapat menimbulkan migrain yang dirasa terus menerus, dan terkadang intensitasnya pun tinggi. Walaupun bukan tergolong penyakit yang fatal, namun migrain akan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan sulit fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Itulah mengapa pentingnya istirahat saat capek kerja perlu diperhatikan agar tidak merugikan diri sendiri.

4. Konsentrasi terganggu

Saat Anda berusaha keras untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal hingga rela mengabaikan kesehatan, malah justru akan merugikan diri sendiri nantinya. Akibat capek kerja dapat membuat konsentrasi terganggu sehingga pekerjaan yang harusnya dilakukan dengan baik malah terbengkelai dan berantakan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya harus bekerja dengan cerdas tidak hanya keras.

5. Mudah marah

Bekerja terlalu keras akan menyebabkan emosi mudah naik karena banyak tekanan yang didapat mulai dari deadline hingga ekspektasi dari atasan yang harus dipenuhi. Anda harus mulai peduli akan pentingnya istirahat saat capek kerja agar emosi stabil sehingga tidak mudah marah. Sesekali, ambillah cuti untuk berlibur bersama keluarga untuk meningkatkan rasa kebahagiaan.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak mudah capek saat bekerja padahal banyak deadline? Salah satu cara atasi capek kerja adalah istirahat yang teratur dengan kasur yang baik bagi kesehatan sehingga akan lebih cepat memulihkan tenaga. Merk kasur yang sudah teruji kualitasnya adalah dari Therapedic karena kasurnya khusus untuk menjaga kesehatan tulang.

Merk kasur busa terbaik dari Therapedic merupakan tempat istirahat yang cocok untuk menghilangkan lelah fisik karena didukung oleh Hourglass Back Support yang meningkatkan daya topang bahu dan punggung. Selain itu, permukaan kasurnya tidak panas berkat adanya butiran gel yang menyejukkan suhu badan. Kain yang digunakan pun mudah dibersihkan, tahan air, dan tahan debu.

Pentingnya istirahat saat capek kerja memang tidak boleh diabaikan karena akibat capek kerja berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mental. Tekanan saat banyak kerjaan akan memicu emosi yang tidak stabil hingga stres. Kondisi tersebut justru membahayakan kesehatan yang ujungnya membuat pekerjaan terbengkelai. Jadi, jika capek kerja jangan lupa istirahat walau sejenak.