Penyakit Asam Lambung Kambuh? Ini 5 Penyebabnya

Kulit anda Kering? Ini 8 Skincare Kulit Kering yang Banyak Dicari
March 10, 2020
Terkena Infeksi Kandung Kemih? Ini 5 Daftar Obat Alaminya
March 12, 2020

Penyakit Asam Lambung Kambuh? Ini 5 Penyebabnya

Penyakit asam lambung memang umum sekali di masyarakat. Beberapa yang mengalaminya memang tidak terlalu memikirkannya karena dirasa hanya sakit perut biasa. Namun, ketika penyakit ini sudah berat, rasa sakit yang ditimbulkan bahkan sampai ke ulu hati. Beberapa orang memang rentan terkena penyakit ini, terutama untuk mereka yang mengalami obesitas, ibu hamil, atau memiliki riwayat penyakit lain yang berhubungan dengan lambung.

Penyakit asam lambung tentu bisa dihindari, tapi ada kalanya penyakit asam lambung mendadak kambuh karena kebiasaan tertentu. Berikut ini beberapa penyebab penyakit asam lambung bisa kambuh.

Hal-Hal yang Menyebabkan Asam Lambung Kambuh

1. Konsumsi Makanan Berlemak dan Pedas

Salah satu penyebab paling umum asam lambung naik dan kambuh adalah karena mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan berlemak. Bagi kamu yang memang sejak awal menderita asam lambung, lebih baik menghindari makanan pedas berlemak, hati-hati karena ini penyakit asam lambung kambuh.

Kamu tetap boleh mengonsumsi makanan pedas atau berlemak, tetapi sebaiknya perhatikan porsinya dan tingkat kepedasannya. Semakin pedas dan berlemak, semakin tinggi risiko asam lambungmu naik.

2. Merokok

Gastroesophageal Reflux Disease(GERD) atau penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh kebiasaanmu merokok. Rokok dapat mengganggu fungsi LES(Lower Esophageal Sphincter), di mana LES ini berfungsi sebagai pintu yang dapat terbuka otomatis ketika makanan dan minuman turun ke perut.

Selain itu, rokok juga dapat menurunkan produksi air ludah, yang mana fungsi air ludah adalah untuk menetralkan asam pada mulut. Rokok juga dapat membuat sekresi asam lebih meningkat. Bisa kamu bayangkan, di saat kelenjar ludah berkurang, sekresi alam malah naik.

3. Konsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol, hati-hati karena ini penyakit asam lambung kambuh. Minuman beralkohol cenderung mengiritasi lambung. Prosesnya lambat tapi pelan-pelan mengikis dengan pasti. Pengikisan lambung inilah yang menyebabkan sistem pencernaanmu lebih rentan terkena masalah lambung, salah satunya terkena asam lambung.

Selain minuman beralkohol, penyebab penyakit asam lambung bisa kambuh juga karena minuman berkafein tinggi seperti kopi dan teh. Tidak hanya itu, kamu juga harus waspada dengan minuman berkarbonasi atau bersoda, yang bisa juga menyebabkan kondisi lambung bermasalah jika terlalu banyak dan sering dikonsumsi.

4. Stress

Kondisi pikiran yang stress juga menjadi penyebab penyakit asam lambung bisa kambuh. Pikiran yang stress biasanya mengganggu fungsi LES, sehingga memicu terjadinya asam lambung. Menurut sejumlah ahli, stress juga berpengaruh pada beberapa area di otak, yang mana dapat pula meningkatkan perasaan sensitif terhadap rasa nyeri.

Inilah mengapa, ketika mengalami stres berlebih, seseorang akan mudah merasa asam lambungnya naik dan merasa sakit. Bahkan, kondisi stress juga dapat menurunkan hormon prostaglandin. Hormon ini sendiri sangat berperan sebagai pelindung lapisan-lapisan lambung terhadap keasaman asam lambung.

5. Faktor Usia

Usia yang bertambah juga perlu membuatmu hati-hati karena ini penyakit asam lambung kambuh. Semua orang memang mengalami kenaikan usia dan akan menjadi tua, oleh sebab itu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lambung dari penyakit asam lambung adalah dengan hidup yang sehat, menghindari penyebab-penyebab lain dari asam lambung, dan rajin check up ke dokter.

Ketika usia semakin tua, produksi asam lambung tidak dapat terkontrol dengan baik. Namun, meskipun usia tua membuat risiko asam lambung kambuh lebih tinggi, kamu bisa mencegah dengan pola hidup yang baik.

Selain itu, jangan lupa pula untuk menghindari faktor-faktor stress seperti begadang. Tidur yang cukup akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlebih jika kamu tidur di kasur yang sehat seperti Therapedic. Dari sekarang, jangan lupa untuk istirahat dengan kasur Therapedic.